Sastra Angkatan 45

Sastra Angkatan 45

Perjalanan Sastra Angkatan 45 dimulai pada tahun 1942. Tahun 1942 (9 Maret = pengambilalihan kekuasaan Jepang di Indonesia) merupakan tahun yang sangat penting dalam sejarah kebudayaan Indonesia, termasuk kesusastraannya. Sejak tahun itu terjadilah perubahan besar-besaran, revolusi kebudayaan dimulai tahun itu.
Segala hal yang mengingat­kan budaya Barat harus dilenyapkan. Bahasa Belanda tidak boleh dipergunakan lagi. Sebagai gantinya dipakai bahasa Indonesiasebagai bahasa resmi di kantor-kantor dan surat-surat keputusan.
Pada tahun itu Pujangga Baru berhenti karena Jepang tidak menginginkan sifatnya yang kebarat-baratan. Sastra Balai Pustaka juga terhenti karena pemerintah Belanda (sebagai pendukung kesusastraan ini) telah tumbang.
Kemudian muncullah angkatan sastra baru, Angkatan 45 (sastra angkatan 45), yang didahului dengan masa pertunasan (sastra zaman Jepang). Angkatan 45melahirkan karya-karya sastra yang bersifat romantis realistik (berbeda dengan Pujangga Baru yang bersifat romatis idealistik = HB Jassin). 
Dalam waktu yang singkat, Indonesia menghasilkan banyak karya sastra besar pada angkatan ini. Sajak-sajak Chairil Anwar, roman-roman Pramoedya Ananta Toer, Mochtar Lubis dan Achdiat Kartamihardja merupakan tonggak-tonggak penting dalam perjalanan sastra Indonesia.
Pengalaman kehidupan nyata merekalah yang membuat karya-karya angkatan ini menjadi besar. Angkatan 45 rata-rata terganggu pendidikan formalnya. Kaum sastrawan Angkatan 45 masih termasuk golongan masyarakat menengah, terdidik, dan kaum muda pada zamannya. Sastra Indonesia menemukan identitas dirinya sejak angkatan ini.
           Sastra Zaman Jepang
Pada bulan April 1943 terbentuklah Keimin Bunka Shidoso atau Kantor Pusat Kebudayaan. Dalam badan ini duduk berbagai seniman dari segala lapangan.
Dalam zaman Jepang terbitlah majalah-majalah baru yang dikelola oleh Pusat Kebudayaan: Jawa Baru (1943—1945) dan Kebudayaan Timur (1943—1945), di samping Panji Pustaka yang merupakan peninggalan Balai Pustaka, hanya dipergunakan demi kepentingan Jepang.
Para sastrawan dalam Pusat Kebudayaan diminta mencipta­kan karya-karya sastra yang mengandung cita-cita cinta tanah air, mengobarkan semangat kepahlawanan dan semangat bekerja. Karya sastra harus membimbing masyarakat. Indonesia harus memihak kebudayaan Timur, menjauhi kebudayaan Barat. Banyak sajak dan cerpen dihasilkan pada masa ini.
Dua roman yang dihasilkan pada masa ini (Cinta Tanah Air oleh Nur Sutan Iskandar dan Palawija oleh Karim Halim) lebih cenderung sebagai propagandaJepang. Banyak sastrawan seperti Armijn Pane, Nur Sutan Iskandar, Karim Halim, Usmar Ismail yang bersemangat membantu Jepang. Merekalah sastrawan-sastrawan “resmi” zaman Jepang.
Aada sejumlah sastrawan yang menentang Jepang seperti Chairil Anwar, Idrus, dan Amal Hamzah. Ada juga yang lebih kompromistis seperti karya-karyaMaria Amin. Ada juga yang bimbang seperti Bakri Siregar.
Sastrawan yang banyak menulis pada zaman Jepang:
  Usmar Ismail
  Amal Hamzah
  Rosihan Anwar
  Bakri Siregar
  Anas Ma’ruf
  M.S. Ashar
  Maria Amin
  Nursyamsu
  HB Jassin
  Abu Hanifah (El Hakim)
  Kotot Sukardi
  Idrus
Kelahiran Angkatan Baru
Sejak kekalahan Jepang kepada Sekutu (14 Agustus 1945) dan kemerdekaan Indonesia, kehidupan kegiatan kebudayaan (termasuk sastra) mempunyai tonggak yang penting. Suasana jiwa dan penciptaan yang sebelumnya terkekang, kini mendapatkan kebebasan yang nyata.
Para sastrawan Indonesia merasakan sekali kemerdekaan dan tanggung jawab untuk mengisinya. Individualitas yang diidamkan oleh Pujangga Baru (Sutan Takdir Alisjahbana) dilaksanakan penuh konsekuen oleh Angkatan 45.
Sastra Angkatan 45
            Nama “Angkatan 45” baru diberikan pada tahun 1949 oleh Rosihan Anwar, meski tidak disetujui banyak sastrawan. Keberatan itu karena nama itu kurang pantas ditujukan pula kepada para pengarang, yang notabene berbeda dengan para pejuang kemerdekaan (yang diberi predikat sebelumnya sebagai Angkatan 45).
Ada 4 tokoh utama yang sering dianggap sebagai pelopor Angkatan 45: Chairil Anwar, Asrul Sani, Rivai Apin, Idrus. Chairil seorang individualis dan anarkhis. Asrul aristokrat dan moralis. Idrus penuh dengan sinisme. Rivai lebih dikenal sebagai nihilis.
                         Surat Kepercayaan Gelanggang adalah pernyataan sikap dari beberapa sastrawan                            Indonesia yang kemudian hari dikenal sebagai Angkatan '45. Di antara para sastrawan ini yang                     paling menonjol adalah Chairil Anwar, Asrul Sani dan Rivai Apin. Surat ini diterbitkan oleh majalah               Siasat pada tanggal 22 Oktober 1950.
Surat Kepercayaan Gelanggang berbunyi sebagai berikut:
Kami adalah ahli waris yang sah dari kebudayaan dunia dan kebudayaan ini kami teruskan dengan cara kami sendiri. Kami lahir dari kalangan orang banyak dan pengertian rakyat bagi kami adalah kumpulan campur-baur dari mana dunia baru yang sehat dapat dilahirkan.
Keindonesiaan kami tidak semata-mata karena kulit kami yang sawo matang, rambut kami yang hitam atau tulang pelipis kami yang menjorok ke depan, tetapi lebih banyak oleh apa yang diutarakan oleh wujud pernyataan hati dan pikiran kami.
Kami tidak akan memberi kata ikatan untuk kebudayaan Indonesia, kami tidak ingat akan melap-lap hasil kebudayaan lama sampai berkilat dan untuk dibanggakan, tetapi kami memikirkan suatu penghidupan kebudayaan baru yang sehat. Kebudayaan Indonesia ditetapkan oleh kesatuan berbagai-bagai rangsang suara yang disebabkan oleh suara yang dilontarkan kembali dalam bentuk suara sendiri. Kami akan menentang segala usaha yang mempersempit dan menghalangi tidak betulnya pemeriksaan ukuran nilai.
Revolusi bagi kami ialah penempatan nilai-nilai baru atas nilai-nilai usang yang harus dihancurkan. Demikian kami berpendapat, bahwa revolusi di tanah air kami sendiri belum selesai.
Dalam penemuan kami, kami mungkin tidak selalu asli; yang pokok ditemui adalah manusia. Dalam cara kami mencari, membahas, dan menelaahlah kami membawa sifat sendiri.
Penghargaan kami terhadap keadaan keliling (masyarakat) adalah penghargaan orang-orang yang mengetahui adanya saling pengaruh antara masyarakat dan seniman.
Angkatan 45 tidak hanya terdiri dari kaum sastrawan, tetapi juga seniman lain, termasuk para pelukis seperti: S. Sudjojo­no, Affandi, Henk Ngantung, Mochtar Apin, Baharuddin; juga para musikus seperti: Binsar Sitompul dan Amir Pasaribu.
Karya-karya sastra kala itu masih diterbitkan bersama dengan sketsa para pelukis, partitur musik, esai musik-lukis-drama-tari. Hal ini menunjukkan bahwa para sastrawan memiliki wawasan luas dalam bidang seni dan budaya pada umumnya.
Perkembangan Angkatan 45 Melalui majalah-majalah :
a.       Panca Raya (1945—1947)
b.      Pembangunan (1946—1947)
c.       Pembaharuan (1946—1947)
d.      Nusantara (1946—1947)
e.       Gema Suasana (1948—1950)
f.       Siasat (1947—1959) dgn lampiran kebudayaan: Gelanggang
g.      Mimbar Indonesia (1947—1959) dgn lampiran: Zenith
h.      Indonesia (1949—1960)
i.        Pujangga Baru (diterbitkan lagi 1948; berganti Konfrontasi: 1954)
j.        Arena (di Yogya, 1946—1948)
k.      Seniman (di Solo 1947—1948)
Aliran Sastra Angkatan 45:
Ekspresionisme merupakan aliran seni yang berkembang setelah kemerdekaan diproklamasikan. Ekspresionisme yang mendasari Sastra Angkatan 45 sebenarnya sudah berkembang lama di Eropa (penghujung abad ke-19) seperti Baudelaire, Rimbaud, Mallarme (Prancis), F.G. Lorca (Spanyol), G. Ungaretti (Italia), T.S Eliot (Inggris), G.Benn (Jerman), dan H. Marsman (Belanda).
Aliran ekspresionisme timbul sebagai reaksi terhadap aliran impresionisme. Dalam sastra Indonesia, Pujangga Baru bersifat impresionistik dan Angkatan 45 mereaksinya dengan aliran ekspresionistik.
Penyair ekspresionis tidak ditentukan oleh alam, justru penyairlah yang menentukan gambaran alam. Kritikus pertama yang dapat memahami sajak-sajak Chairil Anwar ialah HB Jassin. Kritikus ini pulalah yang membela dan menjelaskan karya-karya Chairil yang bersifat ekspresionis itu.
Berbeda dengan Pujangga Baru yang beraliran romantik impresionistik sehingga melahirkan sajak-sajak yang harmonis, Angkatan 45 melahirkan sajak-sajak yang penuh kegelisahan, pemberontakan, agresif dan penuh kejutan. Vitalisme dan individualisme melahirkan sajak-sajak penuh pertentangan semacam itu.
Karya-karya Penting Angkatan 45:
1.      Deru Campur Debu, Kerikil Tajam (Chairil Anwar)
2.      Atheis (Achdiat Kartamihardja)
3.      Jalan Tak Ada Ujung (Mochtar Lubis)
4.      Keluarga Gerilya (Pramoedya Ananta Toer)
Para Sastrawan Angkatan 45
a.       Chairil Anwar
b.      Asrul Sani
c.       Rivai Apin
d.      Idrus
e.       Pramoedya Ananta Toer
f.       Mochtar Lubis
g.      Achdiat Kartamihardja
h.      Trisno Sumardjo
i.        Mh. Rustandi Kartakusuma
j.        M. Balfas
k.      Sitor Situmorang
l.        Utuy Tatang Sontani
m.    S. Rukiah
n.      Barus Siregar
o.      Rustam Sutiasumarga
p.      Muhamad Dimyati
q.      Saleh Sastrawinata, S
r.        Mundingsari, Gayus Siagian
s.       Dodong Djiwapradja
t.        Mahatmanto, Sirullah Kaelani
u.      Piet Sengojo
v.      Darius Marpaung
w.    Ida Nasution
x.      Siti Nuraini
Nama-nama lain untuk angkatan sastra periode ini adalah:
Angkatan Kemerdekaan
Angkatan Chairil Anwar
Angkatan Perang
Angkatan Sesudah Perang
Angkatan Sesudah Pujangga Baru
Angkatan Pembebasan
Generasi Gelanggang
Sastrawan dan Karyanya
1.        Achdiat K. Mihardja
Achdiat  pertama kali dikenal dengan roman Atheis, kemudianBentrokan dalam Asrama (1952), Debu Cinta Bertebaran (1973), dan drama Pak Dullah in Extremis (1977).
2.       Asrul Sani
Hingga akhir hayatnya dikenal sebagai pribadi yang multi-ahli karena tidak hanya mewariskan puisi, cerpen, esai, scenario film, pelajaran di bidang perfilman, dan karya terjemahan, tetapi juga pernah berjuang dalam Lasykar Rakyat Jakarta semasa awal revolusi. Karyanya diantaranya yakni naskah drama Mahkamah.
3.       Chairil Anwar
Karya-karyanya yang penting dibukukan orang setelah dia meninggal, yaitu kumpulan sajak Kerikil Tajam dan yang Terempas dan yang Putus (1949), Deru Campur Debu (1949), Tiga Menguak Takdir, Aku Ini Binatang Jalang (1986) dan Derai-Derai Cemara(1999).
4.      Idrus
Idrus pernah menjadi redaktur Kisah dan Indonesia. Karyanya yang penting drama Dokter Bisma (1945), kumpulan cerpen dan dramaDari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma (1948), drama Keluarga Surono (1948), novel Aki (1949) dan novel Perempuan dan Kebangsaan (1949)
5.       Mochtar Lubis
Mengawali karir kepengarangan di tahun 1950-an dengan novel Jalan Tak Ada Ujung (1952), kemudian novel Tanah Gersang (1966), Senjadi Jakarta (1970), Harimau! Harimau! (1975), Maut dan Cinta (1977)
6.      Pramoedya Ananta Toer
Setelah peristiwa tahun 1965 Pram menjadi tahanan politik di Pulau Buru hingga tahun 1979. Karyanya yang terkenal yakni tetralogi Pulau Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, danRumah Kaca), novel Midah si Manis Bergigi Emas (1954), Arok Dedes(1999), Mangir (2000) dan masih banyak lagi.
7.       Rivai Apin
Nasibnya menjadi suram dan tak terdengar kabarnya lagi setelah terjadi peristiwa September 1965.
8.      Utuy Tatang Sontani
Karya dramanya yang penting Bunga Rumah Makan (1948), Suling(1948), Awal dan Mira (1952), Sayang Ada Orang Lain (1954), danDi Langit Ada Bintang (1955).
9.      Usmar Ismail
Ia muncul sebagai penulis sandiwara, sanjak, dan cerpen-cerpen. Hasil karyanya antara lain Permintaan Terakhir, Asokamala Dewi, Puntung Berasap (kumpulan sanjak, 1950), dan Mutiara dari Nusa Laut (drama).
10.    Amal Hamzah
Merupakan adik Amir Hamzah. Dalam karyanya masih tampak pengaruh Amir Hamzah dan Rabindranath Tagore. Hasil karyanya antara lain Teropong, Bangkai Retak, Laut (sanjak), Pancaran Hidup(sanjak).
11.     Rosihan Anwar
Seorang wartawan, ia pernah memimpin harian Merdeka Asia Raya dan mingguan Siasat. Hasil karyanya banyak yang bersifat tanggapan sosial. Beberapa hasil karyanya yaitu Radio Masyarakat(cerpen), Manusia Baru, Lukisan, dan Seruan Napas (sanjak)
12.    M. Balfas
Dalam karangannya banyak dijumpai logat Jakarta. Hasil karyanya antara lain Lingkaran-lingkaran Retak (kumpulan prosa; BP, 1952),Dr. Tjipto Mangunkusuma Demokrat Sejati (biografi).
13.    Anas Ma’ruf
Seorang jurnalis pemimpin harian Nusantara, redaktur Arena dan Majalah Patriot di Yogyakarta. Hasil karyanya yaitu Citra danSadhana (terjemahan dari Rabindranath Tagore), Nyalakan Terus,Antara Kita, Pandu Masa (sanjak)
14.    Maria Amin
Sastrawati ini pengarang bercorak simbolik yang dapat menerobos sensor Jepang. Karyanya yakni Tinjaulah Dunia Sana (cerpen), Penuh Rahasia, Kapal Udara (sanjak)
15.    Mahatmanto
Hasil karangannya lebih banyak berupa sanjak antara lain Cakar atau Ekor, Individu, Dogma, Madrasah Muhammadiyah.
16.    Rusman Sutiasumarga
Hasil karyanya antara lain Yang Terhempas dan Terkandas(kumpulan cerpen; BP), Korban Romantik (cerpen; BP, 1963)
17.    Trisno Sumardjo
Sebagai pengarang, ia memiliki berbagai kecakapan, sebagai pengarang cerpen, puisi, drama, esai dan kritik. Selain sebagai pengarang ia juga terkenal sebagai pelukis. Hasil karyanya antara lain Kata Hati dan Perbuatan (kumpulan puisi, 1952), Rumah Raja(1957), Daun Kering (kumpulan cerpen, 1962), dan Keranda Ibu(1963).



EmoticonEmoticon